Langsung ke konten utama

Rebung, Makanan Tradisional Indonesia Yang Kaya Manfaat

Rebung adalah tunas muda yang masih lunak yang terdapat tumbuh dari akar bambu. Sejak zaman dahulu nenek moyang kita sudah menjadikan rebung sebagai bahan makanan. Biasanya, rebung diambil pada saat masih kecil sekali dan teksturnya masih lunak. Bagi masyarakat Indonesia Makanan ini sudah menjadi makanan yang cukup populer namun sekarang sudah sedikit sulit untuk ditemukan.

Rebung yang masih muda mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kesehatan

Saat ini, rebung dapat dioah dalam berbagai macam bentuk makanan seperti keripik rebung, tepung rebung dan asinan rebung. Rebung memiliki cita rasa yang unik, namun aroma dan teksturnya kadang membuat orang enggan untuk memakannya. Namun dibalik cita rasa dan aromanya, rebung mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh manusia.



Berikut adalah beberapa manfaat rebung bagi kesehatan kita: 

  1. Menurunkan kolesterol
    Rebung mengandung antioksidan berupa Fitosterol yang dapat menangkal radiasi bebas senyawa yanga dapat membahayakan kesehatan manusia.
  2. Menurunkan berat badan
    Rebung mengandung lemak dan gula yang rendah sehingga dapat membantu program diet seseorang, mengandung serat yang tinggi sehingga membuat orang yang memakannya cepat kenyang.
  3. Melawan kanker
    Dalam rebung terdapat fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu untuk melawan kanker, juga mengandung serat yang tinggi yang dapat mengurangi resiko terkena kanker pada pencernaan.
  4. Mengurangi penyakit stroke
    Rebung kaya akan kalium, sekitar 400 mg, yang sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya stroke.
  5. Menjaga kesehatan sel - sel
    Kandungan protein yang terkandung dalam rebung dapat menjaga kesehatan sel di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.
Itulah beberapa informasi dari kami tentang manfaat rebung bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar

Asrul Nasution mengatakan…
bahat do di hita-an on bg teh,,,di tapsel bahat dpe on...hehehe

Postingan populer dari blog ini

Peristiwa Tewasnya Jendral Spoor di Sipirok

Sipirok - Simon Spoor (1902 - 25 Mei 1949) merupakan seorang jenderal Belanda yang terkenal perannya ketika Belanda berusaha merebut kembali Indonesia, dan ia memimpin langsung 2 aksi polisionil Belanda tersebut yaitu Agresi Militer Belanda I dan II. Jendral Spoor Di tengah-tengah timbul tenggelamnya kasus "rekening gendut" jenderal pada masa itu, di Sipirok Jenderal Perang Belanda Simon H Spoor tewas ditembak pejuang kita di tahun 1949. Luar biasa gerilyawan kita mampu membunuh seorang jenderal dengan persenjataan seadanya. Itu peristiwa bersejarah 23 Mei 1949, suatu prestasi luar biasa pejuang kita di era itu. Peristiwa ini dijadikan sejumlah tokoh daerah untuk mengembalikan harkat dan martabat atas pengorbanan para pejuang bagi negeri ini. Pada tanggal 23 Mei 1949, para petinggi militer Belanda di Batavia akan datang ke Sumatera Utara (Sumatera Timur dan Tapanuli) untuk mengapresiasi keberhasilan pasukan Belanda selama dua fase agresi di daerah ini. Kar

Andaliman, Bumbu khas dari tanak batak

Sipirok, -  Andaliman merupakan bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu masak ini dikenal sebagai "merica batak", dimana masakan khas batak seperti arsik memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tidak dapat digantikan. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun menggigit sehingga menimbulkan rasa yang kelu atau mati rasa di lidah, namun tidak sepedas cabe dan lada. Mencampurkan andaliman sebagai bumbu masak dapat meningkatkan selera makan. Dalam masakan batak, agar dapat dimasak maka andaliman harus dihaluskan lalu dijadikan bumbu berbagai jenis masakan seperti arsik ikan mas, sambal tuk-tuk. Arsik ikan mas yang dicampur dengan bumbu andaliman Andaliman juga mengandung vitamin C dan E yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh.  Bahkan bila diekstraksi secara, andaliman dapat meningkatkan jumlah sel limfosit hidup dan menurunkan jumlah radikal bebas. Dibal

Labi - labi, Transportasi Unik yang Adanya Hanya di Aceh

Banda aceh - Mendengar namanya mungkin anda akan berfikir bahwa labi - labi ini adalah hewan yang bergerak lambat yang masih satu keluarga dengan si cangkang keras kura-kura. Bukan, tapi Labi - labi yang dimaksud adalah kendaraan umum unik modifan pick up khas di Serambi Mekkah (Aceh). ` Kendaraan unik labi - labi ini hanya ada di Aceh.  Labi-labi ini awalnya mulai dikenal dan beroperasi sekitar awal tahun 1980-an, saat itu menggunakan mobil kecil dengan mesin 500 cc berkapasitas penumpang sebanyak 11 orang. Namun di pertengahan tahun 1980-an angkutan labi-labi ini mulai trend menggunakan mobil jenis Hijet-55 dengan kapasitas mesin 550 cc dengan bentuk serta kapasitas angkut penumpang lebih besar, yaitu sebanyak 14 orang. Pada era berikutnya, angkutan Labi-labi mulai menggunakan mobil Hijet 1000 dengan mesin 1000 cc yang bisa menampung penumpang sebanyak 16 orang. Supir dan penumpang pada kendaraan ini dibatasi oleh kaca mobil belakang supir, apabila penumpang hend