Langsung ke konten utama

5 Cara Alami Untuk Menghilangkan Panu

Sipirok | Panu (Tinea versicolor) adalah salah satu jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur dan dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini ditandai dengan adanya  bercak yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal pada saat penderita berkeringat. Biasanya bercak tersebut bisa berwarna putih, coklat atau merah tergantung kepada warna kulit penderita. Jamur yang menyebabkan timbulnya panu adalah Candida albicans, ada juga yang mengatakan janur Pityrosporum Ovale. 



Panu dapat menyerang siapa saja, kebanyakan orang yang menderitanya adalah para remaja umur belasan tahun. Panu biasanya menyerang  pada bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, dan muka. Panu terutama ditemukan di bagian kulit yang lembab dan dilindungi oleh pakaian. Rasa gatal akibat panu akan membuat penderita merasa resah dan tidak percaya diri. Oleh karena itu penyakit ini harus diobati sedini mungkin.



Ada beberapa cara alami untuk mengobati panu:

  1. Bawang putih
    Dari dulu, bawang putih sudah dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit termasuk panu. Caranya iris bawang putih kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan 2 kali sehari sampai panu benar-benar hilang.
  2. Belerang dan jeruk nipis
    Ambil 1 buah jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit belerang. Belerang dihaluskan  dan potong beberapa bagian jeruk nipis. Setelah mandi campurkan jeruk nipis tadi ke dalam halusan belerang kemudian oleskan pada bagian yang terkena panu. Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari hingga panu hilang.
  3. Lidah Buaya
    Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit,misalnya menghilangkan bekas jerwat, lidah buaya juga ampuh melawan iritasi kulit seperti panu. Caranya potong 1 batang lidah buaya menjadi 2 bagian, kemudian oleskan lendir lidah buaya tersebut ke bagian kulit yang terkena panu. Tunggu hingga kering kemudian bersihkan dengan air hangat.
  4. Lengkuas
    Lengkuas lebih dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap makanan, namun juga ampuh dalam mengobati penyakit kulit seperti panu, Ambil lengkuas yang masih segar, tujuannya supaya mengandung banyak air. Potong – potong dan oleskan belahan lengkuas tersebut pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan kegiatan ini secara rutin sehabis mandi
  5. Belimbing wuluh
    Buah ini cukup efektif untuk mengobati panu, namun sulit untuk ditemukan. 
    Cara menggunakannya yaitu tumbuk belimbing wuluh secukupnya kemudian campurkan dengan air kapur sirih. Oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang terserang panu. Gunakan 2 kali sehari sampai panu benar-benar hilang.
Bahan-bahan tersebut diatas dipercaya ampuh untuk mengobati panu tanpa efek samping. Hal yang paling utama untuk mencegah penyakit ini adalah menjaga kebersihan badan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peristiwa Tewasnya Jendral Spoor di Sipirok

Sipirok - Simon Spoor (1902 - 25 Mei 1949) merupakan seorang jenderal Belanda yang terkenal perannya ketika Belanda berusaha merebut kembali Indonesia, dan ia memimpin langsung 2 aksi polisionil Belanda tersebut yaitu Agresi Militer Belanda I dan II. Jendral Spoor Di tengah-tengah timbul tenggelamnya kasus "rekening gendut" jenderal pada masa itu, di Sipirok Jenderal Perang Belanda Simon H Spoor tewas ditembak pejuang kita di tahun 1949. Luar biasa gerilyawan kita mampu membunuh seorang jenderal dengan persenjataan seadanya. Itu peristiwa bersejarah 23 Mei 1949, suatu prestasi luar biasa pejuang kita di era itu. Peristiwa ini dijadikan sejumlah tokoh daerah untuk mengembalikan harkat dan martabat atas pengorbanan para pejuang bagi negeri ini. Pada tanggal 23 Mei 1949, para petinggi militer Belanda di Batavia akan datang ke Sumatera Utara (Sumatera Timur dan Tapanuli) untuk mengapresiasi keberhasilan pasukan Belanda selama dua fase agresi di daerah ini. Kar

Andaliman, Bumbu khas dari tanak batak

Sipirok, -  Andaliman merupakan bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu masak ini dikenal sebagai "merica batak", dimana masakan khas batak seperti arsik memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tidak dapat digantikan. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun menggigit sehingga menimbulkan rasa yang kelu atau mati rasa di lidah, namun tidak sepedas cabe dan lada. Mencampurkan andaliman sebagai bumbu masak dapat meningkatkan selera makan. Dalam masakan batak, agar dapat dimasak maka andaliman harus dihaluskan lalu dijadikan bumbu berbagai jenis masakan seperti arsik ikan mas, sambal tuk-tuk. Arsik ikan mas yang dicampur dengan bumbu andaliman Andaliman juga mengandung vitamin C dan E yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh.  Bahkan bila diekstraksi secara, andaliman dapat meningkatkan jumlah sel limfosit hidup dan menurunkan jumlah radikal bebas. Dibal

Labi - labi, Transportasi Unik yang Adanya Hanya di Aceh

Banda aceh - Mendengar namanya mungkin anda akan berfikir bahwa labi - labi ini adalah hewan yang bergerak lambat yang masih satu keluarga dengan si cangkang keras kura-kura. Bukan, tapi Labi - labi yang dimaksud adalah kendaraan umum unik modifan pick up khas di Serambi Mekkah (Aceh). ` Kendaraan unik labi - labi ini hanya ada di Aceh.  Labi-labi ini awalnya mulai dikenal dan beroperasi sekitar awal tahun 1980-an, saat itu menggunakan mobil kecil dengan mesin 500 cc berkapasitas penumpang sebanyak 11 orang. Namun di pertengahan tahun 1980-an angkutan labi-labi ini mulai trend menggunakan mobil jenis Hijet-55 dengan kapasitas mesin 550 cc dengan bentuk serta kapasitas angkut penumpang lebih besar, yaitu sebanyak 14 orang. Pada era berikutnya, angkutan Labi-labi mulai menggunakan mobil Hijet 1000 dengan mesin 1000 cc yang bisa menampung penumpang sebanyak 16 orang. Supir dan penumpang pada kendaraan ini dibatasi oleh kaca mobil belakang supir, apabila penumpang hend