Langsung ke konten utama

Menu yang sehat untuk berbuka puasa

Sipiroknews.com | Tips,- Bulan ramadhan adalah bulan dimana semua umat muslim di dunia diwajibkan utuk berpuasa, dimana selama terbit fajar sampai terbenamnya matahari setiap orang harus menahan haus dan lapar serta menjaga emosionalnya. setelah berpuasa seharian, banyak orang yang menjadi lapar pada saat berbuka puasa. Sehingga muncul niat ingin menyantap makanan yang lezat secara berlebihan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan tersebut.


Rasa lapar seharian cenderung membuat orang yang berpuasa ingin menyantap semua jenis makanan yang dia lihat.

Akibat makan terlalubanyak mata menjadi mengantuk yang menyebabkan seseorang malas untuk melaksanakan ibadah lainnya, dan badan pun juga lemas. Bahkan kebanyakan makan memungkinkan terjadinya sakit perut serta gangguan lambung. Agar stamina dan kesehatan tetap terjaga selama bulan ramadan, maka sebaiknya kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat.

Lalu bagaimana mengatasi nafsu makan berlebihan pada saat bebruka? ini tergantung seberapa besar niat kita untuk menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh. Saat berbuka, ada beberapa makanan yang sehat untuk kita konsumsi, namun perlu diingat! Jangan berlebihan..

Berikut beberapa menu yang sehat saat berbuka puasa: 

Kurma

Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini merupakan makanan  yang paling dianjurkan oleh Rasulullah untuk dijadikan menu berbuka puasa. Kurma sangat baik bagi kesehatan, mudah dicerna oleh lambung karena mengandung gula dan air. Buah kurma ini juga kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah. Sehingga mampu mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel darah merah, sel tulang belakang, dan seluruh tubuh setelah seharian menahan lapar dan haus. Kandungan garam pada kurma bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah. Selain itu terdapat kandungan lain berupa vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, dan sejumlah mineral (kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dan sebagainya). 

Madu

Madu merupakan salah satu makanan yang di dalamnya terkandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan menyembuhkan segala jenis penyakit. Madu ini sangat baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) yang dapat langsung diserap oleh tubuh tanpa proses pemecahan. Sehingga dapat memberikan energi dan stamina untuk tubuh. Madu dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pada pencernaan. Sebaiknya madu dikonsumsi sebanyak 1-2 sendok makan saat berbuka.

Buah-buahan

Pada saat berpuasa seseorang akan mengalami dehidrasi, selain air putih buah-buahan juga dapat mengatasi dehidrasi setelah berpuasa seharian. Usus mengalami penyusutan karena berpuasa seharian, dan buah merupakan jenis makanan yang mudah dicerna oleh usus. Sebaiknya  buah yang dikonsumsi mengandung serat untuk melancarkan pencernaan. Atau jenis buah yang manis (mengandung kadar gula), tujuannya untuk menambah tenaga setelah hilang akibat berpuasa. Jenis buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa, seperti semangka, pisang, pepaya, melon, anggur, dan sebagainya.

Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan pendamping nasi yang dapat dipilih saat berbuka puasa. Manfaat daging ikan untuk kesehatan tubuh sangat banyak. ikan mengandung asam lemak Omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2, dan sejumlah mineral. Kandungan omega 3 (terdiri dari EPA dan DHA) pada ikan sangat baik untuk pertumbuhan sel saraf otak, melancarkan perederan darah, mencegah peradangan, menjaga kesehatan jantung, organ pengelihatan, serta tulang. Beberapa jenis ikan yang kaya akan nutrisi, seperti ikan salmon, ikan nila, dan ikan tuna. 

Itulah beberapa jenis makanan yang sehat untuk kita konsumsi saat berbuka. Semoga puasa kita semua diterima oleh yang maha kuasa. Ingat, berpuasa bukan merupakan alasan untuk kita bermalas-malasan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peristiwa Tewasnya Jendral Spoor di Sipirok

Sipirok - Simon Spoor (1902 - 25 Mei 1949) merupakan seorang jenderal Belanda yang terkenal perannya ketika Belanda berusaha merebut kembali Indonesia, dan ia memimpin langsung 2 aksi polisionil Belanda tersebut yaitu Agresi Militer Belanda I dan II. Jendral Spoor Di tengah-tengah timbul tenggelamnya kasus "rekening gendut" jenderal pada masa itu, di Sipirok Jenderal Perang Belanda Simon H Spoor tewas ditembak pejuang kita di tahun 1949. Luar biasa gerilyawan kita mampu membunuh seorang jenderal dengan persenjataan seadanya. Itu peristiwa bersejarah 23 Mei 1949, suatu prestasi luar biasa pejuang kita di era itu. Peristiwa ini dijadikan sejumlah tokoh daerah untuk mengembalikan harkat dan martabat atas pengorbanan para pejuang bagi negeri ini. Pada tanggal 23 Mei 1949, para petinggi militer Belanda di Batavia akan datang ke Sumatera Utara (Sumatera Timur dan Tapanuli) untuk mengapresiasi keberhasilan pasukan Belanda selama dua fase agresi di daerah ini. Kar

Andaliman, Bumbu khas dari tanak batak

Sipirok, -  Andaliman merupakan bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu masak ini dikenal sebagai "merica batak", dimana masakan khas batak seperti arsik memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tidak dapat digantikan. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun menggigit sehingga menimbulkan rasa yang kelu atau mati rasa di lidah, namun tidak sepedas cabe dan lada. Mencampurkan andaliman sebagai bumbu masak dapat meningkatkan selera makan. Dalam masakan batak, agar dapat dimasak maka andaliman harus dihaluskan lalu dijadikan bumbu berbagai jenis masakan seperti arsik ikan mas, sambal tuk-tuk. Arsik ikan mas yang dicampur dengan bumbu andaliman Andaliman juga mengandung vitamin C dan E yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh.  Bahkan bila diekstraksi secara, andaliman dapat meningkatkan jumlah sel limfosit hidup dan menurunkan jumlah radikal bebas. Dibal

Labi - labi, Transportasi Unik yang Adanya Hanya di Aceh

Banda aceh - Mendengar namanya mungkin anda akan berfikir bahwa labi - labi ini adalah hewan yang bergerak lambat yang masih satu keluarga dengan si cangkang keras kura-kura. Bukan, tapi Labi - labi yang dimaksud adalah kendaraan umum unik modifan pick up khas di Serambi Mekkah (Aceh). ` Kendaraan unik labi - labi ini hanya ada di Aceh.  Labi-labi ini awalnya mulai dikenal dan beroperasi sekitar awal tahun 1980-an, saat itu menggunakan mobil kecil dengan mesin 500 cc berkapasitas penumpang sebanyak 11 orang. Namun di pertengahan tahun 1980-an angkutan labi-labi ini mulai trend menggunakan mobil jenis Hijet-55 dengan kapasitas mesin 550 cc dengan bentuk serta kapasitas angkut penumpang lebih besar, yaitu sebanyak 14 orang. Pada era berikutnya, angkutan Labi-labi mulai menggunakan mobil Hijet 1000 dengan mesin 1000 cc yang bisa menampung penumpang sebanyak 16 orang. Supir dan penumpang pada kendaraan ini dibatasi oleh kaca mobil belakang supir, apabila penumpang hend